TNI/Polri

Brimob Jabar Berikan Himbauan dan Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan dimasa Pandemi Covid-19

Cirebon, Giwangkara – Pandemi virus covid-19 belum berakhir bahkan penularannya semakin masif. Kebijakan Pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi dari virus corona jenis covid-19 ini, memberlakukan fase (AKB) Adaptasi Kebiasaan Baru atau New Normal  yaitu pada penerapan protokol kesehatan membuat kita harus beradaptasi aturan kebiasaan baru dengan tatanan kehidupan normal yang baru.

Dimana pada fase ini ada beberapa pelonggaran kegiatan pembatasan sosial yang semula di berlakukan dan apabila situasi tingkat penularan infeksi jenis virus ini semakin meningkat maka langkah kebijakan yang di ambil adalah melakukan PSBM (Pembatasan Sosial Berskala Micro) atau pembatasan sosial secara lokal tergantung perkembangan pandemi di Daerah masing-masing melalui monitoring kasus klaster penularan secara ketat.

Pelongaran dibeberapa sektor akan pembatasan sosial oleh Pemerintah seperti dibukannya kembali kegiatan yang menyangkut kebutuhan primer seperti , pasar modern, transportasi perhubungan dan sektor kegiatan ekonomi lainnya, hal ini dilakukan untuk menghindari krisis yang dampaknya dapat berakibat buruk pada kehidupan ekonomi masyarakat dan ini dilakukan sudah melalui berbagai pertimbangan Pemerintah. Kebijakan ini tidak menutup kemungkinan akan semakin terbukanya peluang terinfeksi virus covid-19.

Ditempat lain, Komandan Brimob Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., kepada seluruh jajarannya menyampaikan bahwa, “peran Satuan Brimob Polri yang merupakan garda terdepan penanganan percepatan pandemi virus covid-19 yang juga sebagai Pelayan, Pelindung dan Pengayom Masyarakat, tidaklah ringan kedepan semakin berat tertantang, untuk itu kepada jajaran saya menekankan untuk tetap semangat terus berperan serta dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat berupa himbauan secara humanis dan persuasif tentang penerapan protokol kesehatan”.

Pada fase new normal atau tatanan kehidupan normal baru, secara psikologis bukanlah hal yang mudah di diterapkan begitu saja pada masyarakat, pasalnya pada fase ini jika kita terapkan secara benar bukanlah lagi dalam tingkat himbauan, anjuran, dan ajakan lagi melainkan sudah wajib melaksanakan dan menerapkan protokol kesehatan, hal ini bisa terwujud oleh tingkat kesadaran dan kedisiplinan yang timbul dari diri sendiri ataupun dengan dipaksakan, “ujar Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K.,.

Untuk itu Ipda Tan Swa Hien Wadanki Kompi 1 Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jawa Barat, Pimpin langsung patroli Harkamtibmas sambang dialogis, memberikan edukasi penerapan protokol kesehatan kepada setiap Warga Masyarakat yang dijumpainya sedang beraktifitas di Wilayah Kabupaten Cirebon, yaitu dihimbau Wajib menggunakan masker dalam aktifitasnya sehari – hari, menjaga jarak dalam komunikasi Physical Distancing pada saat berinteraksi dengan teman , dan juga selalu menjaga kebersihan minimal kebersihan diri yang di awali dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik pada air mengalir, agar terhindar dari penularan virus covid19.

“Penerapan protokol kesehatan ini berlaku bukan hanya untuk kita saja akan tetapi bisa kita terapkan dan sampaikan kepada keluarga kita sendiri dirumah, ajak dan beri pengertian, Ujar Ipda Tan Swa Hien.

Kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan,  akan sangat berpengaruh dalam langkah meredam penyebaran virus corona jenis covid-19 ini. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum disiplin dan kurang peduli akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dalam tatanan kehidupan baru agar terhindar dari terinfeksinya virus jenis covid-19 ini.

Dengan kesadaran masyarakat yang tinggi akan pentingnya selalu menerapkan protokol kesehatan seperti physical distancing jaga jarak dalam berinteraksi , mencuci tangan dan wajib menggunakan masker dalam melaksanakan aktifitas , semoga dapat menekan dari penyebaran virus covid19 corona yang sangat berbahaya ini.

Kombes Pol. Asep Saepudin, S.I.K., menambahkan “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Bakti Brimob Polda Jabar untuk masyarakat dalam menghadirkan Negara di tengah-tengah masyarakat”.

“Ini merupakan wujud Bhakti Brimob Polda Jabar dalam hal ini di wilayah Cirebon, untuk menciptakan rasa aman dan nyaman serta kedekatan emosional antara Brimob dengan Masyarakat dalam memutus mata rantai Virus Covid-19 ″, ujar Kombes Pol. Asep Saepudin.

Ia juga menegaskan “Jangan anggap remeh Virus Corona ini, Karna virus ini Sudah Menjadi Pandemi. Kita harus waspada dan kita harus melindungi masyarakat, khususnya Jawa Barat karena kita merupakan anggota Polri yang mempunyai kewajiban melindungi masyarakat dari segala macam bahaya” Tutupnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close